TPQ Al Khoiriyah Sabet Juara Umum, Ponpes Al Khoiriyah Cetak Santri Unggulan Berprestasi

Bagikan postingan

Jember, rilisfakta.com – TPQ milik ponpes Al Khoiriyah Curahkalong asuhan KH. Maksum AM S.Pdi yang diketahui berada tepat di utara pasar Gambirono Bangsalsari, berhasil menjadi Juara umum pada festival TPQ Maarif metode Allimna yang diadakan oleh ( Persatuan Guru Taman Pendidikan Qur’an) PGTPQ Kecamatan Bangsalsari, dengan jumlah total yang diraih sejumlah 12 piala dari 14 lomba yang bertempat di TPQ Mambaul ulum Karangsono Bangsalsari pada hari Minggu, (01/04/2023) pukul 07.00 Wib dan selesai pada pukul 17.00 Wib.

Diketahui festival TPQ Ma’arif metode Allimna tersebut diikuti oleh 2000 peserta dan dihadiri kurang lebihnya 3000 pengunjung serta wali santri dari 29 TPQ sekecamatan Bangsalsari.

TPQ Al Khoiriyah berhasil membawa pulang 12 piala yang terdiri dari 11 piala lomba serta satu piala juara Umum. Beberapa lomba yang berhasil dijuarai TPQ Al Khoiriyah adalah sebagai berikut :

1. Juara tartil Al Qur’an putera.
2. Juara tartil Al qur’an puteri.
3. Juara tartil Al Qur’an usia dini umur 7 tahun.
4. Juara khitobah (Pidato).
5. Juara tahfidz Al qur’an putera.
6. Juara tahfidz puteri.
7. Juara cerdas cermat.
8. Juara nasyib islami (Seni Islami).
9. Juara mars Ya ahlal Waton.
10. Juara puzzle AlQur’an.
11. Juara tahsinul khot.

Diketahui TPQ Al Khoiriyah merupakan TPQ yang dikepalai oleh ustad Nursalim yang berada di dalam naungan ponpes Al khoiriyah. Yang memiliki 220 santri TPQ dari 450 Santri Ponpes Al Khoiriyah.

Sejauh ini Ponpes Al khoiriyah sendiri merupakan ponpes yang berdiri pada tahun 2018 dengan jumlah santri yang menetap 115 orang dan memiliki lembaga formal SD Islam Al khoiriyah dengan jumlah murid 216 orang, MTS Unggulan Al khoiriyah yang baru berdiri pada tahun 2021 dengan jumlah siswa 108 orang, dan lembaga RA dengan jumlah siswa 80 orang.

Lembaga SD islamiyah Al khoiriyah ini merupakan lembaga satu satunya yang menerapkan sistem Full day School program Tahfidz dan Bahasa inggris.

Ponpes Al khoiriyah berkembang pesat dalam waktu yang cepat.
Menurut pengasuh Al Khoiriyah kh Maksum mengungkapkan pesatnya perkembangan ponpes Al khoiriyah ini disebabkan oleh banyaknya prestasi yang diperoleh baik dikancah, kecamatan, kabupaten, bahkan tingkat provinsi.

Pondok pesantren Al Khoiriyah berkembang pesat dalam waktu yang singkat, bagi kami ini merupakan suatu anugerah, dan amanah yang diberikan kepada kami. Pesatnya kemajuan lembaga pesantren ini disebabkan oleh perantara banyaknya prestasi yang diperoleh lembaga di dalam pesantren di kancah kecamatan, kabupaten, bahkan tingkat provinsi, sehingga banyak wali murid yang mempercayakan Al Khoiriyah sebagai tempat pendidikan yang bagus untuk anak – anaknya baik di bidang umum maupun keagamaan,” ungkap KH Maksum menjelaskan.

Hal ini juga karena kesungguhan para guru dan ustad serta dukungan wali murid dalam proses pembelajaran di Ponpes Alkhoiriyah, dan harapanya mendapat prestasi lebih baik sehingga melahirkan generasi Qur’ani dan handal dan bisa bermanfaat untuk nusa bangsa, dan agama,” tambahnya.

Dan kami Ponpes Al Khoiriyah memiliki program dan Fasilitas, antara lain:
-Tahfidz Al Qur’an
-Pengajian kitab kuning
-Program bahasa Arab, Bahasa inggris sehari hari”.

“Sedangkan program formal yakni:
-Tahfidz Al Qur’an
-Bahasa Inggris
-Pramuka”.

“Sedangkan untuk siswa yang jauh kami siapkan fasilitas mobil antar jemput, bagi yang tidak menetap, dan asrama Ponpes bagi yang menetap,” pungkasnya.

Contac person : KH Maksum A.M S.Pdi 085258714859

Kabiro : Catur Teguh Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button