SMKN 05 Jember Sebagai SMK Pusat Keunggulan Lanjutan Mendapat Kehormatan Kunjungan MKKS Seprovinsi Sulawesi Barat

Bagikan postingan

JEMBER, rilisfakta.com – (14/12/ 2022)
SMKN 5 Jember yang dibranding dengan nama “Kaliber 55” (SMK Lima Jember Jl. Brawijaya No. 55) tahun 2022 terpilih sebagai SMK PK (Pusat Keunggulan) Lanjutan. Dra. Hj. Kumudawati, M.Pd sebagai kepala sekolah Kaliber 55 mengatakan bahwa sudah 71 sekolah (SMK, SMA, dan SMK PK lain) di Indonesia yang berkunjung ke Kaliber 55 dalam rangka _bench marking_ atau studi tiru.

Materi studi tiru di Kaliber 55 diantaranya tentang SMK BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), _Teaching Factory_, Pembelajaran berbasis Proyek _(Project Based Learning)_ yang bekerjasama dengan industri, Agro Eduwisata, dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Foto : (Gambar Istimewa) Dra.Hj.Kumudawati,M.Pd Kepala Sekolah SMKN 5 Jember

Hari Selasa, 13 Desember 2022 mendapatkan kunjungan kehormatan kepala sekolah SMK/MKKS se Propinsi Sulawesi Barat.

Rombongan tamu yang datang ke SMKN 5 Jember tersebut didampingi pejabat Propinsi Sulawesi Barat diantaranya: Staf Ahli Gubernur bidang perekonomian dan pembangunan, Plt Kepala Dispendik Propinsi Sulawesi Barat Drs. M. Natsir, MM, Kepala Cabang Wilayah 1 Dispendik Sulbar Ibu Roslina, S.Pd. MM. dan
Kepala Cabang Dispendik Propinsi Jatim wilayah Jember DR. Drs Mahrus Syamsul, M.MPd beserta jajarannya.

Foto : (Gambar Istimewa) DR.Drs.Mahrus Syamsul, M.M.Pd, Kadispendik Propinsi Jawa Timur Wilayah Jember

Dalam sambutannya Dra. Hj. Kumudawati, M.Pd selaku KS SMKN 5 Jember menyampaikan beberapa predikat yang diperoleh SMKN 5 Jember antara lain :
1. SMK Revitalisasi kerjasama Indonesia – Belanda yang menjadi program pemerintah Indonesia guna melakukan revitalisasi SMK Pertanian agar dapat setara dengan industri dan berdampak positif bagi proses pembelajaran siswa.
2. SMK COE _(Center Of Excellence)_
3. SMK Pusat Keunggulan
4. SMK BLUD Propinsi Jatim.

SMKN 5 Jember merupakan sekolah yang menerapkan sistem Mangemen ISO sejak 2008 sampai sekarang. Kehadiran tamu dari Propinsi Sulawesi Barat merupakan rombongan tamu yang ke 72. Sudah banyak sekolah yang datang ke SMKN 5 Jember untuk Sharing ilmu mulai dari Indonesia timur sampai barat. Terjauh dari Nunukan Kalimantan Utara (SMKN 1 Sebatik), Lombok Timur, Sumbawa, Maluku, Sumatera, Pinrang Sulawesi Selatan.

Dra. Hj. Kumudawati, MPd juga menerangkan “pada awalnya sekolah ini bernama SMTP ( Sekolah Menengah Teknologi Pertanian), pada tahun 1999 berganti nama SMKN 1 Sukorambi dan 2013 sampai sekarang menjadi SMKN 5 Jember,” ungkapnya menjelaskan.

Foto: (Gambar istimewa) Drs.H.M.Nasir,MM – Plt Kadispendik Propinsi Sulawesi Barat saat memberikan sambutan di Aula SMKN 5 Jember, 13 Des 2022

Adapun jargon SMKN 5 Jember yaitu _AMAZING_ yang mempunyai arti Antusias, Maju, Amanah, Zona hijau, Imtaq, Nasionalis yang berkebhinekaan global dan Gotong Royong. Untuk mewujudkan jargon sekolah _AMAZING_, SMKN 5 Jember ditopang oleh Guru berjumlah 156, TU 39 orang dan Siswa berjumlah 2.681 dengan jumlah rombel 74 dan konsentrasi keahlian (jurusan) sebanyak 13,” pungkas Dra. Hj. Kumudawati, M.Pd.

Kadispendik Jawa Timur Wilayah Cabang Jember, DR. Drs. Mahrus Syamsul, M.M.Pd dalam sambutannya menyampaikan “selama menjadi kepala cabang Dispendik dari Situbondo, Bondowoso, Jember dan Lumajang baru kali menerima tamu dari pemerintahan propinsi yang luar biasa ya di SMKN 5 Jember ini,” ucapnya.

Lebih lanjut DR. Drs. Mahrus Syamsul. M.M.Pd menyampaikan “bahwa di Indonesia baru ada 2 sekolah yang menerima bantuan revitalisasi kerja sama pemerintah Indonesia dengan Belanda yaitu SMKN 5 Jember dan SMK Negeri 2 Subang, Jawa Barat. Luar Biasa,” Ungkap Mahrus Syamsul.

Sementara itu Plt Kadispendik Propinsi Sulawesi Barat, Drs. H. M. Nasir, MM memuji “SMKN 5 Jember adalah sekolah luar biasa, sekolah model yang bisa menjawab terhadap kebutuhan bangsa saat ini. Aktivitas siswa SMKN 5 Jember menggambarkan Indonesia saat ini sudah siap melahirkan generasi wirausaha muda,” pujinya.

Kemampuan KS SMKN 5 Jember memang luar biasa dalam me _manage_ model pendidikan ini sehingga menjadi sekolah unggulan yang ada di Indonesia. Kami dari Sulawesi Barat adalah tamu yang ke 72, ini bukti bahwa kita tidak perlu lagi ragu meniru SMKN 5 Jember. Potensi yang kita miliki sama, yang membedakan adalah arah kebijakan pemerintah propinsi dalam pengelolaan sekolah, dukungan finansial, kurikulum yang dibutuhkan oleh pangsa pasar sehingga _link and match_ berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Drs. H. M. Nasir, MM menambahkan “satu hal yang luar biasa adalah beberapa alumni SMKN 5 Jember yang sukses menjadi pengusaha nasional bahkan internasional tidak melupakan sekolahnya. Ini nanti yang kita adopsi di Sulawesi Barat dengan mengundang mereka yang sukses untuk memberikan motivasi dan memberikan literasi pada adik-adiknya agar berprilaku dan berusaha seperti mereka. Harapannya nanti SMKN 5 Jember bisa bersinergi kolaborasi dengan pemerintah propinsi Sulawesi Barat,” Pungkas M. Nasir. (Lukman H)

Kabiro : Catur Teguh Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button