Bupati Kaur” Gelar Tanam Perdana Kedelai Varietas Anjasmoro Di Desa Sumber Harapan Nasal

Bagikan postingan

Kaur Bengkulu  (Rilisfakta.com) Bupati Kaur H Lismidianto SH MH Gelar Tanam Perdana Kedelai Varietas Anjasmoro di Desa Sumber harapan Kecamatan Nasal. Kamis 17-11-2022

Tanam perdana di bertempat di Desa Sumber Harapan Kecamatan Nasal Bupati Kaur Bersama Direktur AKABI Kementan RI, turut hadir Kepala Dinas Pertanian, Kadis TPHP provinsi, Asisten 1 Kapolsek Nasal ,Koramil, Camat Nasal, penyuluh Pertanian, APDESI, dan para kelompok Tani.

Bupati Kaur H. Lismidianto, SH.MH menyampaikan dalam sambutanya, mengucapkan selamat datang dalam acara “Tanam perdana kedelai anjasmoro dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan berswasembada pangan di Kabupaten Kaur.

“Hari ini kita bersepakat merintis babak baru dalam pengembangan pertanian kedelai, dengan melakukan tanam perdana kedelai varietas anjasmoro, kegiatan dana ABT Kementan RI tahun 2022 yang di laksanakan di lahan pertanian milik kelompok tani Kecamatan Nasal. Varietas anjasmoro memiliki banyak keunggulan, umur pendek (82,5 – 92,5 Hari) dengan hasil (2,3 – 2,25 Ton/Ha) dan berprotein tinggi (41,8 – 42,1%).” Jelasnya.

Tanam Perdana Kedelai Varietas Anjasmoro di Desa Sumber harapan merupakan langkah dalam upaya mewujudkan impian mulia Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo, untuk mengurangi ketergantungan Negeri ini terhadap kedelai impor. Tentu ini merupakan langkah yang tepat dan strategis. Sehingga memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya mengurangi ketergantungan terhadap kedelai dari luar daerah.” jelasnya.

Penjelasan dari Direktur AKABI Kementan RI dan Bupati Kaur, Jika tanaman kedelai di Kabupaten Kaur pada tahun 2023 tercapai seluas 1000 Ha, Kaur akan mengalami surplus kedelai sebesar 37,5 Ton, maka tercapai cita-cita Kabupaten Kaur sebagai lumbung kedelai Provinsi Bengkulu, Bukanlah sesuatu yang mustahil jika ada dukungan dan sinergitas seluruh Stakholders sektor pertanian di mulai dari petani, petugas pertanian di setiap tingkatan, Pemda Kaur, Kementan RI, Lambaga Keuangan, Offtaker, Agroindustri.

Siti Noor Jannah, S.P. Saat di wawancarai oleh awak media menyampaikan, “Tanam Perdana Kedelai Anjarmoso hari ini sangat Bagus, karena Buapati Kaur sangat perhatian terhadap perkembangan pertanian, dan beliau bisa mengelaborasi jajaran di bawahnya baik jajaran pertanian maupun pamong perajahnya , dengan bersama-sama mengembangkan pertanian di wilayah kabupaten Kaur ini agar lebih maju lagi.

“Harapannya kedepan, ini 500 Ha tumbuh dengan baik dan di tambah lagi ada 100 Ha di tahun ini, maka menjadi 600 Ha, kemudian kita jadikan benih lagi, kita akan berikan bantuan pemerintah (banpen) Benih padi itu dengan saprodinya di wilayah Kabupaten Kaur, syukur-syukur nanti bisa melebar sampai ke Kabupaten lain dengan benih yang asalnya dari Kabupaten Kaur sehingga kemudian Kaur bisa menjadi lumbung benih kedelai.” Tutupnya.
(Eepkinal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button