Berkat Usulan Pemkab Pesibar” Jalan TOL Bengkulu Lampung Akan Terealisasi Di TA:2025 Mendatang

Bagikan postingan

Pesisir Barat rilisfakta.com, Keberadaan lintasan jalan tol di Provinsi Lampung seolah menjadi pintu gerbang utama Pulau Sumatera yang datang dari atau menuju Pulau Jawa.

Selesainya ruas tol dari Provinsi Lampung hingga menembus Provinsi Sumatera Selatan melalui Palembang, membuat kemudahan akses antar wilayah bagian timur Sumatera semakin terang benderang.

Namun bagaimana dengan bagian barat Sumatera? Sempat disebut sebagai jalur yang terlupakan, tetapi ternyata Pemerintah Pusat mengusulkan adanya jalan tol penghubung Lampung dan Bengkulu

Perencanaan tersebut terungkap dari adanya hasil rapat pada 26 Oktober 2022 lalu yang dipimpin oleh Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, melalui laman resmi Kabupaten Pesisir Barat.

Pada rapat tersebut, rencananya jalan tol Bengkulu – Lampung melalui Krui juga akan dibangun.

Tentu adanya perencanaan tersebut akan menjadi kabar yang menggembirakan bagi para penduduk Bengkulu dan Lampung bagian barat.

Pasalnya, jika jalan tol Bengkulu – Lampung berhasil diwujudkan, berbagai objek wisata yang berada di sepanjang pesisir barat akan semakin terdongkrak.

Diketahui, dalam rancangan tol yang menghubungkan kedua provinsi tersebut akan dibagi menjadi 2 bagian.

Bagian pertama, akan dibangun trase exit tol Tanjung Bintang yang melewati wilayah Pesisir Selatan Lampung.

Bagian kedua, akan dibangun trase exit tol natar yang akan melayani wilayah lampung tengah.

Adapun sejauh ini, Jalan Tol Trans Sumatera yang sejauh ini telah diresmikan aksesnya berada di ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 kilo meter.

Kemudian, ruas tol Terbanggi Besar dilanjutkan menuju Kayu Agung sepanjang 189 kilo meter.

Serta dari ruas tol Kayu Agung berlanjut menembus Palembang – Betung sepanjang 38 kilo meter.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, diperkirakan realisasi jalantol Bengkulu Lampung sendiri akan terwujud pada tahun 2025 mendatang.

Adapun jalan yang penghubung Provinsi Bengkulu – Lampung meliputi Jalan Nasional di Lintas Barat atau yang sering disebut dengan Jalinbar.

Jalinbar masih menjadi jalur andalan sejak tahun 1965. Jalan nasional ini dikenal memiliki pemandangan yang eksotis dengan sajian panorama terlengkap khas Sumatera.

Mulai dari perbukitan, sungai, hingga pantai yang menyajikan pesona Samudera Hindia. Meski begitu, kebutuhan akan jalan tol penghubung Bengkulu – Lampung tentu bakal memberikan efek signifikan bagi kedua wilayah tersebut.(bhr/rils)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button